"Technology is nothing. What's important is that you have a faith in people, that they're basically good and smart, and if you give them tools, they'll do wonderful things with them. "

Steve Jobs

Kamis, 18 Desember 2014

Tutorial Program Menentukan Angka Terbesar dan Terkecil

           
           Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial pemrograman bahasa c yaitu menentukan angka terbesar dan terkecil dari tiga nilai yang di inputkan.  Program ini cukup mudah hanya menggunakan konsep If-Else.
          Tutorial kali ini sebenarnya untuk memenuhi tugas algoritma dan pemrograman , dengan soal seperti berikut ini : Buatlah program untuk dapat menentukan nilai yang terbesar dan terkecil dari tiga buah nilai yang di inputkan.
          Langsung saja Check it out :

1. Bukalah Code Blocks anda.

2. Lalu hapus kode yang ada di bawah fungsi main () diantara tanda kurung kurawal, yang akan diganti dengan kode-kode yang lain.

3. Setelah itu kita akan membuat variabel-variabel yang akan digunakan, dalam membuat program, saya membuat variabel dengan menggunakan tipe data int (Integer), ada tiga variabel yang harus dibuat, fungsi dari variabel ini untuk mgninputkan ketiga angka tsb. untuk lebih jelas bisa dilihat dalam gambar berikut ini, klik gambar untuk memperbesar :

4. Selanjutnya kita buat kode untuk menampilkan judul project dan menampilkan kode untuk menginputkan ketiga angka tersebut . kodenya seperti ini :
  • printf("Program Menentukan Angka Terkecil dan Terbesar \n"); //Kode ini untuk memunculkan judul project.
  • printf("Masukan angka yang pertama = ");  //kode ini perintah memasukan angka pertama
  • scanf("%d",&a);  //angka yang pertama akan ditampung di variabel a.
   untuk menginputkan kedua angka selanjutnya hanya mengganti variabel yang ada menjadi variabel yang belum digunakan , kemudian statemen pertama diganti menjadi kedua dan ketiga, lihat gambar berikut ini  untuk lebih jelas :

5. Kemudian kita akan membuat statemen If-Else, statemen ini berfungsi untuk menyeleksi angka-angka yang telah di inputkan apakah termasuk dalam angka yang terbesar atau terkecil.
kode nya seperti berikut ini :
  • If (a>b && a>c)  //kode ini ada dua kondisi yakni jika a>b sampai jika a>c, dimana angka pada variabel a nilainya lebih besar daripada variabel yang lain.
  • printf("Angka Terbesar = %d",a);  //jadi setelah diseleksi di statemen if maka dengan kode ini akan menampilkan angka yang terbesar yaitu angka yang ada pada variabel a.
  • else if (b>a && b>c) // ini sama seperti yang sebelumnya, jika tidak masuk dalam kondisi yang pertama, maka akan diseleksi pada kondisi yang kedua ini, yakni angka yang terbesar terletak pada variabel b.
  • printf("Angka Terbesar = %d",b); // maka akan menampilkan angka pada variabel b.
  • else if (c>a && c>b) //nah jika pada kedua statemen itu tidak masuk juga akan diseleksi pada statemen ketiga ini, yakni jika angka yang terbesar pada variabel c.
  • printf("Angka Terbesar = %d",c); // maka akan menampilkan angka pada variabel c.










6. Selanjutnya pada baris dibawahnya akan  di masukan statemen If-Else, tetapi dibalik kondisinya yaitu tanda lebih dari (>) diganti dengan kurang dari (<). Untuk mempersingkatnya lihat gambar dibawah ini :





7. setelah selesai semua , selanjutnya kita build and run dengan mengklik tombol berbentuk gear kuning dan play hijau. maka akan dihasilkan seperti dibawah ini :


0 komentar:

Posting Komentar