"Technology is nothing. What's important is that you have a faith in people, that they're basically good and smart, and if you give them tools, they'll do wonderful things with them. "

Steve Jobs

Minggu, 14 Desember 2014

Tutorial Program Mencari Luas dengan Menggunakan Switch-Case

            Program ini adalah program yang digunakan untuk menghitung persegi panjang, bujur sangkar, segitiga; dalam program ini kita dapat membuat menu, kemudian memilih menu apa yang ingin digunakan. Program ini menggunakan prinsip switch-case, if-else, dan looping dalam mencari hasilnya, untuk membuatnya silahkan baca tutorial berikut ini :




1.bukalah code blocks anda.

2.kemudian tentukkan variabel yang akan digunakan, atau bisa seperti saya yang seperti ini :
                Float panjang, lebar, alas, tinggi, sisi, luas;


3.selanjutnya kita akan membuat menu program yang akan digunakan dan dibawah menu yang telah kita buat kita tambahkan kode untuk memasukan menu nomor berapa yang inign digunakan, namun sebelumnya, diatas tanda kurung kurawal kita tambahkan sintaks “do”, untuk melooping program ini, lihat contoh dibawah ini :


4. setelah itu kita buat statement switch-case. Bentuk statement umum dari switch tunggal adalah seperti ini :
Switch (kondisi){
                Case konstanta 1;
                Statement-statement;
break;
Case konstanta 2;
                Statement-statement;
break;
default;
statement-statement;
}
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini :

Keterangan :
-switch (menu) berarti kita akan memasukan angka yang merujuk pada salah satu menu yang ada.
-untuk membuat pernyataan memilih menu dari case 1 , gunakan perintah :  puts("Anda memilih menu 1");
-untuk membuat judul dari case 1 : puts("Program menghitung besaran Persegi Panjang");
-untuk memasukan nilai panjang :
printf("masukan panjangnya: ");
                scanf("%f",&panjang);
-untuk memasukan nilai lebar :
printf("masukan lebarnya: ");
                 scanf("%f",&lebar);
-baris selanjutnya akan memasukan rumus yang akan digunakan :
luas = panjang * lebar ;
-untuk menampilkan rumus tersebut maka seperti ini :
printf("luasnya adalah = %f \n",luas);
-break; statement yang memisahkan antar case.

5. setelah kita membuat case 1, maka selanjutnya kita akan membuat case menu yang kedua, pada dasarnya masih sama seperti sebelumnya, akan tetapi pada case 2 ini hanya dirubah nama program dan rumus yang digunakan. Untuk mempersingkat waktu silahkan lihat gambar dibawah ini :


6. lalu kita akan membuat case 3, pada dasarnya juga sama dengan case 1 dan case 2, hanya mengubah rumusnya saja, seperti yang ditunjukkan oleh gambar sebelumnya.

7. setelah case dari setiap menu selesai dibuat, selanjutnya kita akan membuat case yang terakhir, case ini ditujukan jika tidak memilih dari salah satu dari ketiga menu yang ada :

Keterangan : 
default:
puts ("Anda Keluar Program");
break;
case ini akan berjalan jika kita mengetikkan angka selain yang ada pada menu, maka otomatis akan keluar program.

8. case telah selesai dibuat, jangan lupa untuk menambahkan sintaks program agar bisa melooping.
Tulis sintaks while (menu<4); setelah kurung kurawal dari switch, sintaks ini gunanya untuk melooping program ketika kita memasukan angka pada saat memilih menu kurang dari 4 contohnya bisa 1, 2, atau 3, tetapi jika kita memasukan angka 4, 5, 6,...dst. maka program akan keluar dan berhenti melooping.

9. oke program telah selesai dibuat, silahkan cek dengan cara build & run atau tekan F9.

10. inilah program ketika dieksekusi :

ketika di run.
Penampakan case 2 ketika di run.
penampakan case 1 ketika di run.

Penampakan case 3 dan keluar program secara otomatis jika angka yang dimasukan lebih dari 3.

0 komentar:

Posting Komentar