"Technology is nothing. What's important is that you have a faith in people, that they're basically good and smart, and if you give them tools, they'll do wonderful things with them. "

Steve Jobs

Rabu, 14 Oktober 2015

Rangkuman Keywords pada Java .




1. abstract = mendeskripsikan secara detail dari sebuah class atau sebuah methods yang diberikan dimanapun dalam sebuah kode.

2. assert = Menggambarkan predikat  ( pernyataan benar-salah ) ditempat tersebut selalu menunjukkan kondisi benar.

3. boolean = Menunjukkan bahwa variabel hanya bernilai benar atau salah, tidak keduanya.

4. break = Digunakan untuk mengakhiri program loop atau switch.

5. byte = Mendefinisikan sebuah variabel byte memiliki urutan 8 bit angka.

6. case = Menggunakan salah satu dari beberapa kemungkinan perintah eksekusi yang dapat digunakan dalam sebuah pernyataan switch.

7. catchUntuk menangani kesalahan / pengecualian yang mungkin terjadi selama eksekusi kode tertentu.

8. char = Digunakan untuk mendklarasikan variabel bertipe karakter , vaariabel char mewakili sebuah karakter, bisa satu huruf, satu angka atau satu tanda tertentu.

9. class = Mendefinisikan implementasi dari suatu objek tertentu.

10. const = Walaupun termasuk kata kunci di Java, namun kata kunci ini tidak memiliki arti dan tidak bisa dibuat variabel.

11. continue = Merupakan kata kunci untuk menghentikan iterasi atau kondisi perulangan sebelumnya dan melanjutkan ke iterasi selanjutnya atau menuju kondisi perulangan selanjutnya.

12. default = Merupakan langkah eksekusi dimana tidak ada kondisi yang cocok dengan semua kondisi yang ada pada program switch case.

13. do = Merupakan konjungsi dari while dan akan melakukan perulangan (looping) , dimana program akan selalu melakukan looping jika menunjukkan kondisi true dan akan berhenti ketika kondisi menunjuukan false.

14. double = Untuk mendeklarasikan sebuah variabel bertipe numerik dan dapat menyimpan 64 bit.

15. else = Merupakan konjungsi dari if, untuk membuat if-else statement. else merupakan kondisi yang akan dieksekusi jika kondisi if tidak benar.

16. enum = Mencacah beberapa nilai menjadi nilai dengan tipe yang sama.

17. extends = Membuat sub-class, kelas yang menggunakan kembali fungsi dari kelas yang telah ditetapkan sebelumnya.

18. final = Menunjukkan bahwa nilai dari sebuah variabel tidak dapat dirubah, fungsi kelas tidak dapat diperpanjang (dibuat sub-class) dan metode tidak dapat diubah.

19. finally = Merupakan kondisi terakhir dalam klausa try, untuk menangani kesalahan / pengecualian yang mungkin terjadi selama eksekusi kode tertentu.

20. float = Mendeklarasikan variabel bertipe numerik yang dapat digunakan untuk nilai desimal, dapat menyimpan 32 bit dengan satu atau lebih digit setelah titik desimal.

21. for = Merupakan salah satu perintah untuk program melakukan perulangan perintah tertentu (looping).

22. go to = Hanya sebagai keyword , tidak dapat digunakan untuk membuat variabel dan tidak memiliki fungsi tertentu.

23. if = Merupakan perintah untuk melihat apakah kondisi itu benar dan sesuai perintah, jika benar maka akan mengeksekusi perintah tertentu, dan jika salah maka akan mengeksekusi perintah lain.

24. implements = Menggunakan kembali fungsi interface yang ditetapkan sebeluumnya.

25. import = Digunakan untuk membuat kelas dan interface tersedia dan dapat diakses oleh kode yang sedang dikerjakan atau kode-kode selanjutnya.

26. instanceof = Kata kunci yang digunakan untuk memeriksa apakah sebuah objek adalah instance dari kelas tertentu atau antarmuka .

27. int (integer) = Merupakan tipe data untuk mendeklarasikan sebuah variabel, tipe data ini untuk bilangan bulat dan bukan desimal.

28. interface = Merupakan keyword untuk mendeklarasikan interface , mirip seperti class namun lebih spesifik.


29. long = Tipe data ini sering digunakan dalam keadaan khusus, apabila nilai yang digunakan melebihi dari panjang range tipe data int (integer), maka tipe data ini yang akan digunakan.

30. native = Memungkinkan programer untuk kode lain yang ditulis dalam bahasa selain Java.

31. new = Menciptakan sebuah objek dari kelas yang ada.

32. package = Merupakan kumpulan variabel dengan tipe data yang sama .

33. privat = Menunjukkan bahwa variabel atau methods hanya dapat digunakan pada class tertentu saja.

34. protected = Menunjukkan bahwa variable dan methods dapat digunakan di subclass dari paket yang lain.

35. public = Menunjukkan bahwa class, variabel, methods, dapat digunakan oleh kode Java lainnya.

36. return = Digunakan untuk mengakhiri eksekusi program dan diikuti oleh nilai yang dibutuhkan oleh methods untuk dikembalikan ke pemanggil.

37. short = Tipe data ini memiliki ukuran 16-bit, tipe data ini sudah jarang digunakan, biasanya digunakana pada komputer 16-bit.

38. static = Menunjukkan bahwa variabel merupakan milik dari kelas, bukan untuk semua objek yang terbuat dari kelas.

39. strictfp = Merupakan kata kunci yang digunakan untuk memaksa ketepatan perhitungan yang digunakan tipe data float dan double.

40. super = Kata kunci ini dugnakan untuk mengakses variabel dan methods dari kelas super dan kelas sub.

41. switch = Membuat beberapa langkah eksekusi yang berbeda satu sama lain dan komputer disuruh memilih satu dari banyaknya langkah, pilihan ini tergantung dari kondisi apa yang diinginkan.

42. synchronized = Digunakan untuk menyingkronkan program Java dengan program lain ( misalnya codeblocks) yang dapat digunakan untuk mengeksekusi program oleh salah satu aplikasi pada satu waktu.

43. this = Kata kunci ini digunakan merujuk pada suatu refensi kelas, seperti mengakses variabel atau memanggil variabel dari sebuah instance of a class.

44. throw = Membuat objek pengecualian baru dan menunjukkan bahwa situasi yang tidak diduga (biasanya sesuatu yang tidak diinginkan) telah terjdi.

45. throws = Digunakan untuk mengenali daftar ekspresi yang mungkin di-throw oleh suatu method.

46. transient = Menunjukkan bahwa , jika dan ketika suatu objek serial , nilai variabel tidak perlu disimpan .

47. try = Merupakan kata kunci untuk menangani kesalahan / pengecualian yang mungkin terjadi selama eksekusi kode tertentu.

48. void = Merupakan kata kunci yang digunakan untuk menunjukkan metode yang tidak mengembalikan nilai apapun .

49. volatile = Membebankan aturan ketat tentang penggunaan variabel dengan lebih dari satu thread pada suatu waktu .

50. while = Merupakan kata kunci untuk melakukan perulangan (looping) suatu perintah, yang akan terus melakukan looping ketika kondisinya bernilai true, dan akan berhenti ketika false.

0 komentar:

Posting Komentar